Masjid Pusaka ini Tidak Pernah Terendam Banjir

Banyak Peziarah Yang datang dari Luar Kota

Tiang masjid Pusaka Suput masih terbuat dari batang kayu ullin

Bangunan Masjid Darussalam yang berada di pinggir sungai Tabalong RT 02 desa Suput ini masih terlihat kokoh dengan empat tiang “soko guru” dari batang kayu ulin yang hanya di haluskan dengan alat sederhana saat itu.

“kalau melihat tulisan yang tertera, masjid ini dibangun tahun 1912, cukup tua dan ini masjid pusaka ketiga setelah Banua Lawas dan masjid di Tanta” cerita Nani kepala desa Suput Kecamatan Haruai.

Continue reading

“panas dingin” Rekrutmen Aparat Desa

Aparat Yang “Tersingkir” Mengadu ke PAPD

Sejak dikeluarkan intruksi untuk melaksanakan penerimaan perangkat desa diseluruh Tabalong tanggal 9 juni lalu masalah lain justru membuat suasana di desa seperti ‘panas dingin’.

Masalahnya ada pada desa yang tidak mengukuhkan kembali aparat desa yang sudah ada tapi melakukan perekrutan aparat baru. bagi aparat yang masih berusia di bawah 42 tahun masih bisa mengikuti sementara yang usianya diatas itu secara otomatis tidak bisa mengikuti penerimaan aparat desa lagi.

Continue reading

Petani Kasiau Kembangkan Padi Organik

Terbilang jarang petani sawah yang menekuni dan bersedia menanami sawahnya dengan padi dengan metode pengelolaan organik. Sistem organik yang dimaksud adalah mulai proses persiapan lahan dan bibit  sampai padi di panen tidak bersentuhan atau menggunakan unsur kimia seperti pestisida, insektisida, pupuk sampai di proses menjadi beras.

Saat sekarang sangat sulit menjumpai kegiatan petani baik di sawah ataupun di ladang yang tidak memanfaatkan unsur kimia untuk memaksimalkan hasil tanam padinya.

Continue reading