Pasar & Agrobisnis

Jaro Panen “pedet”

sekda-lakukan-kawin-suntik-foto-eyat-humas-tabalongMengakhiri tahun 2016, Tabalong panen pedet atau anak sapi hasil dari kawin suntik yang dilakukan dinas peternakan Tabalong.

Panen pedet ini pertama dilakukan di kecamatan Jaro hari selasa (20/12), dilakukan panen pedet perdana ini karena sebelumnya tidak sebanyak tahun ini “tahun ini kita mendapat 185 pedet atau anak sapi dari hasi kawin suntik”jelas Sekda Tabalong, H.Sangadji.

Keberhasilan ini imbuhnya tidak lepas dari kekompakan dan keuletan peternak sapi di Kecamatan jaro yang tergabung dalam 15 kelompok tani.

“jika diprosentasi ini sudah mencapai 61 persen keberhasilannya dan akan terus kita tingkatkan agar Tabaong bisa menjadi lumbung ternak terutamta ternak sapi” jelasnya lagi.

Kecamatan Jaro selama ini menjadi prioritas untuk pengembangan ternak sapi di samping kecamatan lain di wilayah utara seerti Muara Uya, Haruai , Bintang Ara dan Upau.  Keberhasilan di Jaro akan di tularkan ke wilayah lainnya.

Sangadji berharap kelompok tani memapu meningkatkan kemamuannya yang lain setelah berhasil dengan pengembangan sapi juga bsia meningkatkan sistem keamanan ternaknya “ keamanan perlu diperhatikan karena ternak sapi memiliki nilai ekonomis tinggi” ucap sangadji.

Ia juga mendorong warga Tabalong yang memiliki modal berinvestasi di sektor ini sehingga bisa meningkatkan kuantitas ternak sapi dan membanatu warga lain untuk bekerja di sektor peternakan.

Di Kecamatan Jaro juga sudah dibangun pasar ternak yang beroperasi setiap hari sabtu seminggu sekali (lee)

Tambahkan Komentar

Klik di sini untuk berkomentar

Kategori