Pasar & Agrobisnis

Harga Gabah Turun, Petani Jaro Menjerit

Ketika Menjelang Ramadhan harga kebutuhan pokok merangkak naik tidak demikian dengan harga gabah di kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong.

“saat ini harga gabah kering giling milik petani harganya Rp. 4.200 perkilogramnya”keluh Mul petani dari desa Jaro kepada korankontras.net.

Harga ini jauh turun dibandingkan dengan harga gabah ketika musim panen tiga bulan yang lalu, menurut Mul biasanya harga gabah berkisar Rp.5.000 sampai Rp. 6.000 perkilogram ditingkat petani.

“kalau harganya seperti ini petani merugi karena ongkos dari tanam hingga panennya sudah mahal, terlebih dengan harga pupuk sekarang ini” ucapnya lagi.

Ia mengaku tidak mengetahui persis mengapa harga gabah petani anjlok seperti sekarang ini, pria yang kesehariannya hanya bertanam padi ini hanya mengatakan jika saat ini panen padi warga jaro melimpah.

Tapi sayangnya harga gabah justru turun, Ia berharap pemerintah bisa berpihak pada petani saat harga turun seperti sekarang ini sehingga nasib petani nseperti dirinya tidak semakin terpuruk (lee)

Tambahkan Komentar

Klik di sini untuk berkomentar

Kategori