Desa Membangun Banua

Masjid Pusaka ini Tidak Pernah Terendam Banjir

Banyak Peziarah Yang datang dari Luar Kota

Tiang masjid Pusaka Suput masih terbuat dari batang kayu ullin

Bangunan Masjid Darussalam yang berada di pinggir sungai Tabalong RT 02 desa Suput ini masih terlihat kokoh dengan empat tiang “soko guru” dari batang kayu ulin yang hanya di haluskan dengan alat sederhana saat itu.

“kalau melihat tulisan yang tertera, masjid ini dibangun tahun 1912, cukup tua dan ini masjid pusaka ketiga setelah Banua Lawas dan masjid di Tanta” cerita Nani kepala desa Suput Kecamatan Haruai.

Menurut Nani Masjid Tua di desanya itu banyak di kunjungi oleh orang dari luar daerah seperti HSU, HST bahkan dari Kaltim, meskipun demikian Ia mengaku tidak begitu mengetahui sejarah masjid tersebut secara detail.

Namun setahunya tempat Masjid berdiri dulunya adalah perkampungan bernama Halong Dalam dan dihuni oleh masyarakat Dayak yang telah memeluk Islam.

Guna membukukan sejarah masjid Darussalam , Ia berencana menghimpun agar masyarakat luas mengetahuinya.

Tidak Pernah Terendam Banjir

Masjid Darussalam ini menurut keterangan warga sekitar memiliki “karomah” tidak pernah terendam banjir meskipun sungai Tabalong sedang meluap.

Seperti Kejadian Tahun 2007 dan 2013 yang lalu “ketika itu sungai Tabalong meluap dan banyak rumah yang terendam bahkan hingga setinggi atap rumah tapi anehnya masjid hanya terendam di terasnya saja sementera lantai masjid yang tingginya sekitar 20 cm dari teras tidak terendam” ujar Husaini warga Suput.

Padahal saat itu warga yang berdiam disekitar masjid mengungsi karena rumahnya terendam air hingga atap. Ia melihat fenomena tersebut sebagai kekuasaan tuhan yang maha esa,

Warga desa bahu membahu membersihkan masjid tua itu meskipun tidak ada petugas khusus alias kaum masjid. Nani menceritakan Masjid tersebut pernah diperbaiki bagian plafon dan lantai tahun 2008 dengan dana bantuan dari Pemkab Tabalong.

“warga pernah berpikir karena lantainya di keramik maka ketika banjir akan terendam tapi kenyataannya banjir tahun 2013 tidak membuat Masjid terendam air” pungkas Nani.(lee)

 

Tambahkan Komentar

Klik di sini untuk berkomentar

Kategori