TP PKK Adakan Lomba TOGA

Tanaman Obat Keluarga (TOGA)  sendiri sangat berguna bagi warga sebagai kebutuhan pokok dan juga sebagai obat Tradisional  untuk kesehatan keluarga oleh masyarakat indonesia secara turun temurun.

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Tabalong mendorong semua PKK di desa menanam tanaman penting tersebut di rumah rumah keluarga.

”Seharusnya setiap rumah warga harus memilki TOGA ini,karena ini salah satu antisipasi kita sebagai obat herbal sebelum menggunakan obat obat medis.” Kata salah satu tim Penilai Lomba Pokja IV PKK Kabupaten Tabalong , Siti Hotijah Mukhlis.

Siti menambahkan bahwa  TOGA sendiri meliputi berbagai jenis tanaman herbal seperti Kunyit,Sirih,Jahe  ,dan bermacam macam  sayur serta  buah buahan  dimana semuanya itu memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

”Dengan lomba ini nantinya selain memberikan pembinaan juga memberikan dorongan kepada masyarakat untuk kesadarannya agar memiliki toga disetiap rumah  yang berguna sebagai obat keluarga alami.”Jelasnya.

Setiap desa minimal memiliki 50 jenis TOGA, sementara di Desa Tanta ini masih belum mencapainya,hanya ada  sekitar 20-30 jenis tanaman saja. ”Tapi di desa Tanta ini cukup lumayan banyak dibandingakan desa desa sebelumnya  yang lebih sedikit jumlah jenis tanamannya.”Pungkasnya.(mc/kts)

Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *