Kerajinan Warga Binaan Lapas Jadi Cindramata Favorit

Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas III Tanjung memberikan latihan keterampilan  membuat berbagai barang kerajinan untuk warga binaannya.

Menurut Staf Pembinaan Lapas Tanjung, Abriadi, pemberian keahlian ini merupakan bagiandari program pembinaan bagi penghuni Lapas.

Bahkan kini, warga Lapas yang terletak di desa Maburai Kecamatan Murung Pudak ini, sudah bisa memproduksi aneka kerajinan tangan seperti miniatur Tugu Obor Tanjung Puri, kapal layar dan miniatur rumah adat banjar.

Untuk hasil karya warga binaan sendiri, lanjut Abriadi, kini sudah menjadi cenderamata favorit bagi jajaran Pemkab Tabalong untuk tamu luar kabupaten mengingat tugu obor merupakan ikon `Bumi Saraba Kawa.

“Dalam tiga hari warga binaan yang piawai membuat kerajinan miniatur tugu obor ini bisa memproduksi hingga 3 sampai 5 buah miniature dan dijual dengan harga bervariasi. dari Rp300 ribu sampai Rp350.000,” ungkapnya.

Dengan adanya keterampilan ini, lanjut dia, diharapkan warga binaan yang nanti sudah selesai menjalani masa tahanan bisa mandiri dan tidak mengulangi perbuatan melanggar hukum. (mc/kts)

Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *