Advertorial Pemkab Tabalong

Pedagang Kecil Sambut Kredit “Gerbang Emas”

Lindungi Pedagang Kecil dari Rentenir

Pedagang kecil dan menengah di Tabalong mengambil banyak manfaat dari Program Gerakan Pembangunan Menuju Masyarakat Sejahtera (Gerbang Emas) yang digagas Bupati Tabalong  H. Anang Syakhfiani.

Program ini memberikan kredit usaha untuk pelaku UKM di Tabalong dengan nol bunga melalui Bank Perkreditan Rakyat (BPR) “Tanjung Bersinar”.

Antusiasme warga Tabalong pun terlihat tinggi  khususnya para pedagang kecil dan UKM yang “antri” untuk mendapatkan kredit bantuan modal usaha tanpa bunga tersebut ketika Bupati menyerahkan kredit Gerbang Emas bagi pedagang lapak di pasar Tanjung pada Selasa (12/03).

Dalam sambutannya Bupati Tabalong Drs. H. Anang Syakhfiani meminta agar para pedagang lapak bisa memanfaatkan bantuan kredit Gerbang Emas sesuai dengan perencanaan, bukan digunakan untuk keperluan konsumtif.

Bantuan kredit tanpa bunga ini diberikan untuk 20 pemohon pedagang lapak di Pasar Tanjung yang telah “lulus”verifikasi.

Sejak diluncurkan pada tahun 2018, kredit tanpa bunga ini sudah dimanfaatkan 300 an orang pedagang kecil dan UKM yang ada diseluruh wilayah kabupaten Tabalong.

Bupati Tabalong serahkan bantuan kredit Gerbang Emas kepada pedagang di pasar Tanjung

Plt. Direktur Utama PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Husin Ansari mengatakan bantuan permodalan untuk para pedagang Lapak tanpa bunga ini bertujuan untuk “mengcounter” maraknya praktik pinjaman berbunga tinggi yang dilakukan oleh para rentenir.

Bagi pedagang lapak,sambung Husin, bantuan yang diberikan sebesar Rp 3 juta dengan sistem bayar tiap hari sebesar Rp 34.000 dengan lama angsuran selama 3 bulan. ” ringan dan tanpa bunga” tandasnya lagi.

“Program kredit Gerbang Emas ini merupakan salah satu program unggulan dari pemerintah kabupaten Tabalong yang diprakarsai oleh Bupati dengan tujuan memberi bantuan modal untuk para pedagang kecil”imbuhnya.

Pembayaran tagihan harian, pihak PT. BPR Tanjung Bersinar bekerja sama dengan pihak UPT pasar Tanjung yang sekaligus memungut tagihan retribusi kepada para pedagang di pasar Tanjung. (boel)

Kategori