Fokus Kita

Tabalong Terbanyak Surat Suara Yang Rusak

TANJUNG,korankontras.net – 11.993 surat suara rusak dan kurang di Tabalong hingga hari ini yang ditemukan Bawaslu kabupaten.

“Surat suara rusak dan kurang paling banyak dari surat suara calon DPRD Provinsi sebanyak 3.905 lembar surat suara dan DPRD kabupaten dapil 2 sebanyak 2.445 lembar” ungkap Fahmi Failasopa, divisi pengawasan, Humas dan hubungan antar lembaga Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Tabalong.

Kerusakan yang ditemukan Bawaslu  bukan karena kesalahan pendistribusian ataupun perlakuan dari petugas di kabupaten Tabalong namun berasal dari percetakan surat suara.

“Saat datang kondisi surat suara sudah kategori rusak”imbuhnya.

Jenis kerusakan tersebut seperti sobek di bagian tengah, robek di bagian samping serta bercak warna/ gradasi warna yang mencolok.

“Untuk wilayah kalsel kabupaten Tabalong lah yang paling banyak surat suaranya rusak maupun jumlahnya kurang”sambungnya lagi.

Fahmi tetap optimis sebelum hari “H”  pencoblosan kekurangan dan surat suara yang rusak sudah ada penggantinya.

 “Surat suara tambahan dan pengganti yang rusak sudah dalam perjalanan, informasi terakhir yang kami dapat siang tadi mobil pengangkut surat suara sudah berada di luar Martapura”pungkasnya saat di temui di kantor Bawaslu pada senin (15/04) siang. (boel)

Kategori