Politik

Wajah Baru Dominasi DPRD Tabalong, Ini Daftarnya

TANJUNG, korankontras.net – Usai sudah KPU Tabalong menggelar sidang pleno rekapitulasi suara pemilu 2019, namun KPU belum menetapkan siapa calon legislatif yang sukses melenggang ke Graha Sakata.

Ketua KPU Tabalong, Ardiansyah mengatakan penetapan calon terpilih menurut PKPU no 10 tahun 2019, reakpitulasi secara nasional  tanggal 22 mei 2019.

“proses pengajuan sangketa 3 kali 24 jam jika tidak ada permohonan sanketa paling lama 3 hari setelah diumumkan oleh MK” terangnya.

Maka menurut Ardiansyah penetapan caleg terpilih paling lambat 3 hari setelah proses penanganan dan putusan MK.

Namun dari pantauan korankontras.net dari rekapitulasi suara yang diplenokan KPU Tabalong, periode kali ini akan banyak wajah baru yang mengisi DPRD Tabalong.

Setidaknya jika dilihat dari perolehan suara masing masing partai di empat daerah pemilihan (dapil), partai Gerindra akan mendudukan 5 orang wakilnya dan menjadi partai dengan wakil paling banyak di Graha Sakata.

Sementara Partai Golkar yang periode lalu sebagai partai peroleh kursi terbanyak kali ini harus rela “turun tahta” karena perolehan hanya 4 kursi sama dengan partai PAN dan PKS.

Jika menilik hasil yang diperoleh partai Gerindra dipastikan mereka akan menduduki posisi ketua dewan, menariknya  lagi dipartai berlambang kepala garuda ini salah seorang calegnya yang juga mantan wakil bupati dan ketua DPRD Tabalong, H. Muchlis, SH akan kembali duduk di dewan Tabalong dari dapil 4 Kecamatan Murung Pudak.

Partai  besutan Tomy Soeharto yang juga pendatang baru pun berhasil mendudukan wakilnya, Yulianti  dari dapil 3 Kecamatan Muara Uya, Upau, Haruai, Jaro dan Bintang Ara.

PDIP Tabalong yang periode lalu menjadi partai non parlemen karena tidak ada satu orangpun wakilnya di Graha Sakata kali ini berhasil mendudukan 3 orang calegnya di dewan.

Melihat hasil perolehan suara partai ,  ternyata banyak caleg dari petahana justru berguguran tidak berhasil kembali menjadi anggota DPRD Tabalong, siapa saja caleg yang diperkirakan lolos ke DPRD Tabalong, korankontras.net mencoba merangkumnya dari perolehan suara :

Dapil 1 ( Tanjung dan Tanta)

  1. Hj. Norhidayah (PAN)
  2. Zainal Ilmi (Golkar)
  3. Sunardi (PKS)
  4. H. Akhmad Helmi (PKB)
  5. H. Supriani (Gerindra)
  6. H. Tadzudin Noor (Nasdem)
  7. H. Abdul Muthalib ( PDIP)

Dapil 2 ( Muara Harus, Kelua, Pugaan, Banua Lawas)

  1. Habib Muhammad Taufani Alkaf (PAN)
  2. Hj. Noor Farida ( Gerindra)
  3. Pahmi ( PKS )
  4. Marisanti (PPP)
  5. H. Hanafi Gobet ( Demokrat )
  6. H. Nabahan Fiji ( PAN )
  7. Muhammad Hudianoor (Gerindra)

Dapil 3 ( Muara Uya, Haruai, Upau, Jaro, Bintang Ara)

  1. Jurni (Golkar)
  2. Moh. Haryadi ( Demokrat )
  3. H. Mustafa ( Gerindra )
  4. Hj. Sumiati (PKS)
  5. Dahli ( PAN)
  6. H. Supoyo ( PDIP)
  7. Yulianti ( Berkarya )
  8. Pahrian (PKB)
  9. Mursalin ( Nasdem )
  10.  Zainal Abidin ( Golkar )

Dapil 4 (Murung Pudak)

  1. Hj, Eka Noor Elfiani ( Golkar)
  2. Ferry Elpeni ( Demokrat )
  3. H. Muchlis ( Gerindra )
  4. Murjani ( PKS )
  5. Rini Irawanty (PDIP)
  6. H.M. Rusly Thamrin ( PPP )

(tim)

Kategori