Fokus Kita

Ini Tips Mudik Aman Dari Satlantas Tabalong

gambar : Istimewa

TANJUNG, korankontras.net – Satlantas Polres Tabalong melalui Kanit Dikyasa Satlantas Aipda Hendri memberikan tips aman untuk masyarakat yang akan melaksanakan mudik pada Hari Raya Idul Fitri 1440 H khususnya para pengendara sepeda motor.

Ia mengatakan ada 3 hal yang perlu menjadi perhatian bagi para pemudik yakni periksa kelengkapan diri, periksa kelengkapan surat menyurat dan terakhir periksa kelengkapan kendaraan anda.

“Yang pertama kita jabarkan ialah periksa kelengkapan diri meliputi sehat jasmani dan rohani setelah kita pastikan sehat maka selanjutnya kita pastikan memakai helm SNI, kemudian jaket, menggunakan celana panjang dan sepatu” tuturnya.

Yang kedua lanjutnya periksa kelengkapan surat menyurat pastikan SIM dan STNKnya masih berlaku.

“ ini yang ketiga alias terakhir periksa kelengkapan kendaraan yaitu cek keausan ban, lampu utama, lampu rem dan sein pastikan dalam keadaan nyala terus spion di pastikan di pasang keduannya, fungsi pengereman dalam kondisi baik dan pastikan knalpot menggunakan knalpot standar pabrik” terangnya.

Ia juga menghimbau bagi para pengendara agar tidak membawa barang yang berlebihan.

“Kita sarankan bagi pengendara bahwa pada saat menggunakan sepeda motor untuk mudik atau pun perjalanan jauh tidak dibenarkan membawa barang yang berlebihan contoh di belakang diberikan tambahan kayu dan di depan menaruh tas terlalu besar itu akan menghalangi pandangan pengendara dan akan mempersulit gerak dari stang motor tersebut” ucap Hendri.

Itulah tips – tips dari Satlantas Polres Tabalong mudah mudahan dan berharap bagi para pemudik bisa mudik dengan aman, nyaman dan selamat sampai tujuan. (Can)

Kategori