Fokus Kita

Kasi Intel Kejaksaan : “kami bukan tameng desa”

TANJUNG,KoranKontras.net- Dalam kurun waktu terakhir ini, sudah beberapa orang oknum aparatur desa di bumi Saraba Kawa yang tersandung masalah hukum.

Ini menjadi bukti bahwa TP4D ( Tim Pengawal Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah) kabupaten Tabalong yang dimotori oleh Kejaksaan Negeri bukan menjadi “Tameng” bagi institusi yang di dampinginya, khususnya terkait pendampingan Desa.

Kepala seksi (kasi) Intel Kejaksaan Negeri kabupaten Tabalong Hendriansyah, SH. membantah adanya “kabar burung” ini.

“Tidak benar kalau kami menjadi tameng bagi institusi ataupun lembaga desa yang kami dampingi” tegasnya.

Hendri menerangkan bahwa TP4D lebih menekankan pada upaya preventif. “Kami lebih menekankan pada tindak pencegahan” terangnya pada awak koran kontras di sela waktu kerjanya, selasa (09/07).

Namun sambungnya lagi, apabila ada oknum aparat desa yang ditemukan melakukan pelanggaran , pihaknya akan tetap melakukan proses hukum.

“Kalau ada ditemukan pelanggaran yang bersangkutan tetap akan di proses sesuai dengan prosedur, jadi jangan main- main” peringatkannya lagi.

Laporkan kecurangan beserta Bukti, Pelapor akan dilindungi

Ia pun mempersilakan masyarakat untuk melaporkan andai ada indikasi “kecurangan” di wilayahnya masing- masing.

“Silakan laporkan, identitas akan dilindungi, namun sertakan bukti- bukti pendukung” pintanya.

Pengawasan penggunaan dana yang ada di desa tidak hanya menjadi tanggung jawab satu lembaga saja, namun menjadi tanggung jawab bersama.

“Mari kita bersama- sama mengawasi penggunaan dana dan pembangunan yang ada di desa”ucapnya pula.

Hendri juga meminta agar aparat desa tidak perlu takut dalam menggunakan dan mengelola pendanaan desa. “Kalau bekerja sudah sesuai prosedur, tidak perlu takut”tandasnya.

TP4D sendiri keberadaannya berjenjang dari pusat hingga di daerah dan merupakan “alat” yang dibentuk negara dalam rangka menekan potensi dan mencegah tindak Korupsi, termasuk “pengawalan” di tingkat desa.

Kalau tahun lalu Kejaksaan Negeri kabupaten Tabalong mengusung “tema” TP4D ( Tim Pengawal Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah) maka di tahun 2019 ini mottonya adalah “jaga desa”. (Boel)

Kategori