Info Kota

Mau Jadi Paskibra Tabalong, Ini Syaratnya

Tahun ini 400 Pelajar Tabalong Daftar Paskibra

TANJUNG, korankontras.net –  Menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) merupakan impian bagi kebanyakan pelajar sekolah tingkat atas, terpilih ditingkat Kabupaten saja sudah membanggakan apalagi sampai tingkat nasional.

Namun untuk menjadi Paskibra juga bukan perkara mudah, banyak persayaratan dan seleksi yang ketat.

Peminatnya pun luar biasa banyaknya dan dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, tahun lalu tercatat 300 pelajar yang mendaftar jadi paskibra di Tabalong, tahun ini meningkat menjadi 400 orang.

Sementara yang dibutuhkan untuk Paskibra di Tabalong hanya 30 orang saja, 15 putra dan 15 putri.

Lantas bagaimana supaya lulus terpilih menjadi paskibra, apa saja yang disiapkan?, pelatih Paskibra Kabupaten Tabalong, Bripka Oky Satriane mengatakan  tinggi badan menjadi kriteria penilaian.

“Kalau laki – laki itu sekitar 170 sampai 175 cm kemudian untuk perempuannya 160 sampai 165 cm” jelasnya.

Bripka yang akrab disapa Oky ini juga menekankan pada penilaian seperti sehat jasmani rohani, berkewarganegaraan Indonesia, nilai akademik, mengikuti tes pengetahuan umum dan kebangsaan.

Pelajar yang berminat menjadi Paskibra dituntut menyiapkan jasmani yang sehat dan kuat dengan rajin berolah raga serta membekali pengetahuan umum.

Setelah mereka lulus penilaian dan dinyatakan terpilih menjadi paskibra mereka akan dikarantina dan dilatih.

“pelatihan dan karantina anggota Paskibra ini pihaknya laksanakan mulai tanggal 28 Juli yang lalu” ujar Oky.

Total latihan sampai pengukuhan, pengibaran dan penugasan sekitar 20 hari, “ meskipun sudah dikukuhkan pihaknya belum dapat menentukan tentang posisi dan pembagian tugas para Anggota Paskibra, terutama terkait pembawa baki bendera pusaka Merah Putih” jelasnya lagi.

pentapannya mungkin malam atau besok paginya setelah persiapan mau penugasan langsung diumumkan karena semua masih kita calonkan dan memiliki kesempatan yang sama.

Nah jika para pelajar ingin menjadi Paskibra sebaiknya menyiapkan dirinya jauh jauh hari ( can)

Kategori