Desa Membangun Banua

Ini Cara KPOT Meriahkan Festival Muharram 1441

TANJUNG, korankontras.net – 15 anak yatim piatu serta 73 kaum dhuafa menerima santuan oleh Komunitas Pedagang Online Tabalong (KPOT) dan Karang Taruna Pemuda Berkarya Mandiri (KT-PBM) di Festival Muharram 1441.

Kegiatan yang bertema “Berbagi Berkah Rezeki Melimpah” ini diselenggarakan di Desa Nawin Kecamatan Haruai, Minggu (8/9).

Menurut salah satu panitia, Aidil Rifanor (31) mengatakan kegiatan seperti ini baru pertama kali diselenggarakan.

“Iya Festival Muharram seperti ini baru pertama kita gelar di desa Nawin” ucapnya saat diwawancarai via WhatsApp.

Untuk santunan sendiri pihaknya memberikan bantuan berupa sembako kepada anak yatim piatu dan kaum dhuafa.

“Bantuan sembako untuk kaum dhuafa berupa gula pasir, minyak goreng, teh sachet, mie instan, sarden serta sabun cuci pakaian sedangkan untuk anak yatim piatu berupa uang tunai serta makanan ringan” jelasnya.

Selain memberikan santunan, pihaknya juga menggelar acara “Mangawah Basamaan, Mamakan Beramaian”.

“Kegiatan ini salah satu tujuannya melestarikan budaya dalam memperingati bulan Muharram, jadi seluruh masyarakat desa Nawin bersama – sama mengolah bubur asyura kemudian setelah jadi kita makan buburnya bersama – sama” beber Aidil.

Ia menambahkan sebelum berakhirnya kegiatan pihaknya mengadakan kuis berhadiah untuk anak – anak dan remaja desa.

“Kuis ini untuk menghibur anak-anak dan hadiahnya yakni baju anak – anak dan pernak-pernik hasil kerajinan komunitas” tandasnya.

Terakhir ia mengucapkan terimakasih kepada Kepala desa Nawin beserta jajarannya serta masyarakat sekitar telah mengizinkan dan membantu untuk mensukseskan Festival Muharram 1441 H.

“Tidak lupa kami ucapkan terimakasih kepada para donatur yang telah membantu materi maupun tenaga, Relawan Komunitas Pedagang Online Tabalong (KPOT), Karang Taruna Pemuda Berkarya Mandiri (KT-PBM) desa Nawin semoga kebaikan para donatur dilipat gandakan dan diganti berlipat-lipat oleh Allah SWT dan kami berharap kegiatan ini bisa diselenggarakan tiap tahunnya di bulan Muharram” pungkasnya. (Can)

Kategori