Desa Membangun Banua

Langkah PUPR Tabalong Bangun Jalan Di Desa Terisolir

gambar : istimewa

TANJUNG, korankontras.net – Desa Panaan, Hegar Manah, Dambung Raya, Salikung dan Sungai Kumap selama ini menjadi desa terisolir karena tidak memiliki akses jalan yang memadai.

Tititk terang pembangunan jalan di desa terisolir terihat sejak usaha pemkab Tabalong mengajukan ijin pinjam pakai kawasan hutan untuk pembangunan jalan diterbitkan kementerian akhir tahun 2018 lalu.

Kini Pemkab Tabalong melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) merencanakan dan membangun jalan yang sudah dianti nanti warga di lima desa terujung Tabalong tersebut.

“Ruas jalan tersebut cukup panjang, otomatis tidak bisa sekaligus dan kita lakukan secara bertahap” jelasn Kadis PUPR Tabalong, H.M. Noor Rifani, MT kepada korankontras.net.

Terlebih jalan yang menjadi pekerjaan Dinas dibawah komandonya tersebut memiliki panjang hingga 60 KM dengan lebar rata rata 6 hingga 8 meter.

“Langkah awal kita  mengfungsionalkan jalannya dulu, membuat drainase, pemotongan tebing – tebing serta melakukan pengecoran terlebih dulu sehingga walaupun hujan dan sebagainya masyarakat tetap bisa beraktifitas seperti biasa” bebernya.

Ia berkeyakinan sesuai dengan rencana sebelum masa kepemimpinan Bupati Tabalong dan wakilnya berakhir semua jalan terxebut sudah selesai dibangun.

“tidak ada lagi nantinya desa yang terisolir, dan kami berharap masyarakat sama sama menjaga jalannya agar awet, kuat serta bermanfaat lama” pungkasnya (can)

Kategori