Advertorial Pemkab Tabalong

e – voting Pilkades Tabalong Lebih Efektif

gambar : istimewa

TANJUNG,korankontras.net – meskipun baru pertama kali diterapkan dalam pemilihan kepala desa (pilkades) di Tabalong namun sistem e – voting sudah terasa lebih manfaatnya dibandingkan dengan sistem manual.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Tabalong, Arianto mengatakan, metode yang dilakukan dalam Pilkades tersebut adalah metode baru di Bumi Sarabakawa.

“Dari pantauan kita antusias masyarakat cukup menggembirakan. Karena mungkin sifat dasar manusia melihat sesuatu yang baru tertarik untuk melihat. Dan mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik dalam penyelenggaraan demokrasi di kabupaten Tabalong,” katanya.

Kaitannya dengan e-voting, kata Arianto, dari sisi efektivitas pemberian suara atau efektivitas pemberian demokrasi dapat dipastikan pemilih akan mendapatkan hasil dari apa yang dia kerjakan.

“Kalau kita menggunakan metode konvensional (manual) kita masuk ke bilik, kita melakukan pemilihan dengan cara mencoblos salah satu gambar kemungkinan terjadi kesalahan teknis ada. Akan tetapi apabila kita menggunakan sistem e-voting dipastikan 100 persen pilihan kita itu akan terverifikasi dan sesuai dengan pilihan kita,” jelasnya.

Jadi menurutnya tidak akan ada suara yang rusak. Dengan begitu efektivitas pemberian suara dengan hasil yang diterima itu berjalan paralel.

“Itu artinya berjalan 100 persen,” ucap Arianto.

Sementara yang menggunakan sistem konvensional, lanjut Arianto, kebanyakan ada saja suara mengalami kerusakan.

“Ini kan membuktikan bahwa kualitas pemberian suara akan lebih terjamin,” tegasnya. (MC/kts)

Kategori