Fokus Kita

2,5 Persen Zakat Profesi ASN Tabalong Direncanakan Dari Tunjangan Kinerja

TANJUNG, korankontras.net – Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan pemerintah kabupaten Tabalong akan memberikan kontribusi pada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dengan zakat profesi 2, 5 persen.

Zakat profesi rencananya akan diambil dari tunjangan kinerja ASN, hal tersebut diungkapkan Bupati Tabalong, H.Anang Syakhfiani dalam  Sosialisasi tentang zakat profesi dan dialog di Wisma Tamu Bersinar Pembataan, Selasa (8/10).

“Apakah nanti mulainya 2020 atau mulai perubahan APBD kita belum sepakati lagi, dengan cara seperti itu kita bisa menjalankan kewajiban karenanya kita berharap kalau bisa memenuhi ini insyaallah berkah penghasilan kita semakin baik” beber Anang.

Khusus untuk jajaran pemerintah Kabupaten Tabalong, ia sudah memutuskan zakat profesi 2,5 persen akan diambil dari tunjangan kinerja.

Selama ini Baznas sudah mempunyai lima program bantuan yakni Tabalong Agamis, cerdas, sehat, sejahtera dan peduli.

“Lima program Baznas ini adalah program – program yang sudah dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten Tabalong, oleh sebab itu Baznas ini perlu dibesarkan karena makin besar Baznas ia punya kemampuan memberikan bantuan melalui lima program tadi” terangnya.

Melalui program-program tersebut pihaknya dapat memerangi kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan di Bumi Sarabakawa.

“Sudah sewajarnya zakat profesi dikeluarkan dan disalurkan melalui Baznas” tandasnya.

Kegiatan yang diikuti pejabat lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong, Instansi vertikal, pimpinan perusahaan dan perbankan ini sebagai sarana mengingatkan kembali akan kewajiban dalam pembayaran zakat profesi.

Ketua Baznas Tabalong, H Mardani menuturkan Baznas merupakan lembaga yang dibentuk oleh pemerintah untuk mengelola zakat.

“Sehingga perlu adanya dukungan dari seluruh pihak baik itu Instansi pemerintahan maupun instansi vertikal untuk menerima tanggungjawab pengelolaan zakat” ucapnya.

Saat ini Baznas merencanakan membentuk unit pegumpul zakat dengan harapan dapat membantu wajib zakat untuk menyalurkan zakatnya.

“Kami juga telah menggelar kegiatan gerakan jumat berinfaq dan gerakan sedekah muslim yang dilakukan secara nasional” pungkas Mardani (can)

Kategori