Desa Membangun Banua

Tingkatkan Infrastruktur, Adaro Tetap Utamakan Kualitas Lingkungan

PT Adaro survey rencana sambungan rumah tangga untuk pemasangan PDAM di desa Manduin

TANJUNG,korankontras.net – Pelebaran dan perbaikan jembatan penghubung di Jalan Hauling PT Adaro Indonesia, yang melintasi wilayah Desa Manduin, Tabalong, merupakan langkah peningkatan infrastruktur, guna mendukung kelancaran operasional.

Rilis yang diterima redaksi korankontras.net,  selain pelebaran, pada jembatan yang dibangun juga dilakukan perbaikan pada komponen pendukung jembatan, untuk mengurangi dampak sosial yang muncul, seperti kebisingan.

Keluhan masyarakat di Manduin, seperti debu, sedianya sudah dilakukan penanganan. Community Relation And Mediation Department Head Adaro, Djoko Soesilo mengatakan, sudah dilakukan penyiraman rutin di lokasi yang menjadi sasaran protes warga.

“Meski demikian, setiap pembangunan di area Adaro, selalu kita maksimalkan untuk tidak mengahdirkan ketergangguan, namun  aspirasi masyarakat  tentu kita tidak bisa kita indahkan, Kita lakukan respon cepat,”terangnya.

Awalnya, lanjut Djoko, penyiraman dilakukan dengan truk tangki air kapasitas 10 ribu liter, namun warga memprotes karena dianggap membuat jalan becek. “Setelah itu, kita ganti dengan kapasitas 5 ribu,” ujarnya.

Bantuan penyediaan air bersih untuk pemenuhan fasilitas publik, sekolah, mesjid, dan kantor desa, juga sudah berjalan. Selain itu, masyarakat Desa Manduin, juga diberi kesempatan untuk bekerja pada projek berjalan. (hum)

Kategori