Info Kota

Anang Kenang Masa Kecilnya Suka “menggagap”

TANJUNG,korankontras.net – Masa kecil Bupati dan Wakil Bupati Tabalong ketika duduk dibangku sekolah dasar memiliki kesamaan sebagai penangkap ikan sungai.

Mereka melakukan itu untuk mendapatkan lauk makan yang bergizi, pengalaman masa kecil itu mereka ceritakan dihadapan puluhan murid SDN 1 dan 2 Sulingan, sabtu (30/11).

 “Saya dulu sekolah di SD ini, butuh perjuangan bila mau makan ikan, kalau tidak dengan memancing atau ‘menggagap’ (menangkap ikan dengan tangan langsung didalam lubang-lubang, red) di sungai” ucapnya mengawali ceritanya.

Kegiatan itu dilakukannya selepas magrib bersama dengan kawan sebayanya.

“kalau tidak menggagap kami membanjur” ujar Bupati Tabalong, H.Anang Syakhfiani  lagi.

Mengingat masa itu Bupati mengajak anak anak sekarang bisa  makan ikan lebih banyak lagi.

Jika Bupati menangkap ikan masa kecilnya dengan memancing atau menggaggap berbeda dengan wakil bupati Tabalong, H. Mawardi, saat itu Ia menangkap ikan menggunakan jala.

“Dahulu saya bersama ayah, kalau mau makan ikan malam-malam turun kesungai untuk ‘melunta’ (menjala,red), hasilnya bisa untuk lauk makan dan juga dijual,” ujar Mawardi.

Mawardi mengatakan  anak-anak akan berprestasi apabila mengkonsumsi ikan dengan cukup.

“Makan ikan satu setengah ons sehari, agar kita jadi sehat, kuat dan cerdas. Selain itu mari belajar sebaik-baiknya dari sekarang juga,” pungkas Wabup.

Pengalaman masa kecil dua orang penting di Tabalong itu mereka ceritakan dalam acara Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di SDN 1.2 Sulingan. (kts)

Kategori