Desa Membangun Banua

APDESI Tabalong Rumah Bersama Pemerintahan Desa

Dampingi Kades Solan Selesaikan Masalah di Desa

TANJUNG, korankontras.net – Apresiasi dan dua acungan jempol pantas diberikan kepada pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Tabalong atas keaktifan dan keseriusannya dalam menjalankan roda organisasi.

“Duet” ketua dan sekretaris APDESI Tabalong yang selalu “hadir” dalam setiap persoalan anggotanya membuat kiprah organisasi ini semakin nyata manfaatnya.

Seperti hari ini, Selasa (23/2) pengurus APDESI menyambangi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) bidang Pemerintahan Desa.

Ketua APDESI Tabalong, Mujiono, SP mengatakan kunjungan mereka ke DPMPD Tabalong bidang Pemerintahan Desa bersama Kepala Desa (Kades) Solan selain bersilaturrahmi juga membicarakan terkait roda pemerintahan di desa ujung Utara tersebut.

“APDESI memfasilitasi dan menjembatani berbagai dinamika maupun persoalan ditingkat desa maupun koordinasi lintas SKPD” terangnya pada awak korankontras.net usai pertemuan.

Mujiono menyampaikan bahwa APDESI merupakan “rumah bersama” pemerintah desa se Tabalong yang bisa dimanfaatkan oleh anggotanya untuk kemajuan pembangunan desa maupun memecahkan suatu problem.

“Kita bisa sharing, musyawarah untuk memecahkan persoalan di desa dan bertukar pengalaman karena beberapa orang kepala desa ada yang menjabat 3 periode atau yang 2 periode” ungkapnya.

Hal senada juga diucapkan sekretaris DPC APDESI Tabalong, Edy Rahmanto, SE, MM.
“Di APDESI Tabalong banyak kades berpengalaman dalam menjalankan roda pemerintahan, kita bisa minta saran, masukan khususnya bagi kades yang baru menjabat” bebernya.

Edy menegaskan APDESI sangat membuka diri dalam menerima aspirasi baik dari kepala desa maupun perangkatnya.

“APDESI membuka diri untuk sharing, diskusi maupun konsultasi terkait pemerintahan desa maupun memecahkan problem desa” timpalnya.

Ia menghimbau bagi desa yang memiliki persoalan agar melakukan komunikasi secara berjenjang.

“Komunikasikan secara berjenjang jangan melompati tahapannya, kalau bisa diselesaikan ditingkat desa atau dimusyawarahkan di APDESI” harapnya.

Terpisah kepala bidang (kabid) Pemerintahan Desa DPMPD Tabalong, H. Fakhrudin mengungkapkan kedatangan pengurus APDESI Tabalong sebagai “jembatan” untuk meminta pandangan dan saran terhadap problematika desa.

“Sesuai hak dan kewajiban, kami memberi masukan dan saran” pungkasnya.(Boel)

Kategori




You cannot copy content of this page