Kabar Utama

Legislator Ini Dorong Gustu Covid-19 Tabalong Kerjasama Dengan RS Swasta

Agar Hasil Swab Test Cepat Diketahui

TANJUNG,korankontras.net- Selama ini untuk mengetahui hasil swab test terbilang cukup lama karena harus antri hingga ribuan di laboratorium ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan.

Lambannya hasil test swab ini membuat Legislator Tabalong di gedung Graha Sakata angkat bicara.

Anggota komisi I DPRD Tabalong, H. Murjani mengatakan perlu dilakukan kerja sama dengan klinik atau Rumah Sakit (RS) swasta karena kemampuan RS.Badaruddin Kasim terbatas.

“Ingin lakukan PCR sendiri tapi kewenangannya ada diprovinsi, ini harus dikoordinasikan lebih jauh lagi” terangnya pada awak korankontras.net belum lama ini.

Menurut Murjani, di Tabalong ada RS.Pertamina dimana ada polemik tentang swab yang dilakukannya pada karyawan perusahaan.

“Kenapa kita tidak kerjasama saja” ujarnya.

Ia meminta pada gugus tugas untuk melakukan konsultasi ataupun kerja sama pada pemerintah provinsi atau pusat terkait cartridge untuk tes PCR di RSBK.

Murjani berharap gugus tugas Covid-19 Tabalong fokus dan memprioritaskan pasien potensial untuk dilakukan rapid ataupun swab test termasuk petugas medis sebagai garda terdepan.

“Gugus tugas bisa fokus ke penganggaran, termasuk penambahan ruang isolasi di RS. yang lama, kita tidak tahu sampai kapan pandemi ini akan berakhir” ungkapnya

Murjani juga meminta agar masyarakat bisa turut berpartisipasi mencegah dan memutus mata rantai sebaran Covid-19.

Murjani menegaskan bahwa komisi I akan konsen mengawal dan menyorot kinerja gugus tugas Tabalong.

Sementara itu, Legislator anggota komisi I lainnya, Hj.Rini Irawanty menilai bahwa Dinas Kesehatan (Dinkes) Tabalong sudah bekerja secara optimal.

“Patut kita hargai usaha mereka, mereka bekerja tentu ada batasan kewenangan dan kemampuan juga” ungkapnya.

Rini berharap agar Dinkes bisa memperhatikan kebutuhan petugas kesehatan.

“Mereka (petugas kesehatan) sebagai ujung tombak perlu di back up, kami akan terus pantau perkembangan ini” pungkasnya.(Boel)

Kategori



You cannot copy content of this page