Komunitas

Kopibota Tempat Berkumpulnya Pehobi Bonsai Tabalong

TANJUNG, korankontras.net – Hobi pada tanaman yang dikerdilkan di dalam pot dangkal atau Bonsai tidak hanya bertujuan untuk meraup pundi-pundi rupiah, tetapi juga ajang untuk sharing tentang tanaman Bonsai itu sendiri.

Berangkat dari hobi itu, Hermansyah atau yang sering disapa Cevox dan penggiat hobi tanaman bonsai lainnya bersam-sama membuat satu wadah untuk sharing seputar tanaman bonsai yaitu Komunitas Pecinta Bonsai Tabalong (Kopibota).

Komunitas itu didirikan bersama teman-teman penggiat hobi tanaman Bonsai lainnya pada Juni 2019 lalu.

Satu tahun perjalanan komunitas ini, sudah ada sekitar 30 anggota yang ikut bergabung.

Saat ditemui, Ketua Kopibota, Cevox mengatakan setiap satu bulan sekali komunitasnya mengadakan pertemuan.

“Pertemuan ini sistem arisan tiap satu bulan sekali, siapa yang namanya terpilih maka pertemuan diadakan dirumah yang bersangkutan” ucapnya saat ditemui awak korankontras.net baru-baru ini.

Sambung Cevox, dalam pertemuan tersebut komunitasnya selalu berbagi hal tentang tanaman Bonsai.

“Jadi pada saat pertemuan fokus membahas satu jenis Bonsai. Contohnya Bonsai beringin (ficus) seperti pembentukan cabangnya, media tanam, karakter dan bentuk bonsainya” sambung pria yang juga aktif sebagai pecinta alam ini.

Selain sharing tentang tanaman bonsai, komunitasnya juga bisa melakukan barter bonsai untuk melengkapi koleksi antar penggiat bonsai.

Lebih jauh Cevox bercerita komunitas ini minimal satu tahun sekali mengadakan pameran tanaman Bonsai.

“Minimal satu tahun sekali kita menggelar pameran bonsai, terakhir tahun 2019 kemarin pada HUT Tabalong. Untuk tahun ini belum bisa terselenggara karena masih masa pandemi Covid-19” terang Cevox.

Katanya, Kopibota juga sudah terverifikasi dalam Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Banjarmasin.

“Komunitas kita sudah terhimpun di PPBI Banjarmasin” kata putera asli Bumi Sarabakawa itu.

Hingga kini, komunitas mereka sudah menghimpun anggota dari berbagai wilayah di kabupaten Tabalong.

“Anggota kita tersebar, ada yang di wilayah utara seperti Muara Uya kemudian ada juga yang di selatan seperti Kelua. Rata-rata anggota kita para pekerja” ujar pria kelahiran 1976 itu.

Dirinya pun mengajak bagi teman-teman yang ingin bergabung di Kopibota bisa langsung menghubunginya.

“Bisa datang ke Jalan Kupang RT 03 No 23 kelurahan Pembataan kecamatan Murung Pudak depan komplek BLK Tanjung atau bisa melalui sosial media facebook kita yaitu Kopibota” pungkasnya. (Can)

Kategori



You cannot copy content of this page