Fokus

Jangan Gunakan Plastik Untuk Bungkus Daging Qurban

gambar : Istimewa

TANJUNG,korankontras.net – Idul Adha 1441 Hijriah bagi Umat Islam tinggal menghitung hari saja, dihari ini juga dikenal sebagai hari menyembelih hewan qurban sehingga juga dikenal sebagai hari raya qurban.

Umat Muslim hari itu menyembelih hewan qurban biasanya kalau di Indonesia hewan yang disembelih sapi, kerbau dan kambing, setelah itu daging dibagikan kepada semua orang baik kaya maupun miskin.

Nah, pembagian hewan qurban selama ini kebanyakan menggunakan kantong plastik sebagai bungkusnya karena mudah didapat, murah  dan lebih praktis tapi sekarang hal tersebut menjadi masalah karena kantong plastik tidak mudah terurai.

Disamping itu plastik tidak baik untuk kesehatan terlebih plastik yang tidak didaur ulang menjadi sampah yang mencemari.

Rencananya Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan menerbitkan himbauan kepada panitia qurban agar tidak menggunakan kantong plastik sebagai bungkus daging qurban.

Kepada korankontras.net, Kepala DLH Tabalong , Rowi Rawatianice membenarkan jika pihaknya sedang menyiapkan himbauan agar tidak menggunakan kantong plastik.

“ semoga seminggu sebelum lebaran sudah bisa disebar “ ujarnya singkat melalui telepon selulernya.

Pihaknya menyarankan panitia qurban menggunakan bungkus lain selain plastik seperti bakul purun dan lainnya.

“ selain lebih sehat dan ramah lingkungan juga membuka peluang usaha” ungkap Rowi.

Senada dengan Rowi Rawatianice, Kepala Dinas Pertanian  Tabalong, Noorzain A. Yani juga menghimbau agar panitia menggunakan bungkus selain plastik.

“kalau plastik juga harus dilapisi daun supaya tidak kontak langsung dengan plastik kreseknya” jelas Noorzain. (can/kts)

Kategori



You cannot copy content of this page