Fokus

Cegah Nakes Terpapar Corona, Dinkes Tabalong Tutup Sementara Tiga Puskesmas Tiap Minggunya

gambar : istimewa

TANJUNG, korankontras.net – Menyikapi banyaknya tenaga medis yang terpapar Covid-19 akhir-akhir ini membuat Dinas KesehatanTabalong mengambil langkah antisipasi pencegahan virus tidak meluas.

Langkah yang mereka ambil dengan melakukan sterilisasi fasilitas kesehatan tempat bekerjanya para tenaga medis seperti rumah sakit dan puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, dr. Taufiqqurahman Hamdie mengatakan semua fasilitas kesehatan baik Rumah Sakit maupun puskesmas yang ada di wilayah Bumi Sarabakawa saat ini sedang dilakukan sterilisasi dari Covid-19.

“Sterilisasi tersebut dilakukan dengan tiga tahapan yaitu penyemprotan disinfektan, pengelapan di semua sudut ruangan serta penggunaan cahaya UV sehingga betul-betul seluruh ruangan steril” bebernya.

Selain di rumah sakit H.Badaruddin Kasim Maburai kegiatan juga akan diberlakukan di 18 puskesmas yang ada di wilayah Bumi Sarabakawa.

“Setiap minggunya ada tiga puskesmas yang kita suruh tutup untuk melakukan sterilisasi dan skrining petugas, waktunya di hari jum’at sampai minggu” bebernya yang juga selaku Juru Bicara GTPP Covid-19 Tabalong.

Ia juga menuturkan kegiatan sterilisasi ini akan selesai beberapa minggu kedepan. “Kegiatan ini tujuannya untuk melindungi petugas dan pasien agar terhindar dari tambahan infeksi. Kira-kira kegiatan ini akan selesai dalam enam minggu” jelas Taufiq.

Selain sterilisasi, pihaknya juga melakukan skrining terhadap tenaga medis dengan tes rapid maupun swab untuk mengetahui apakah petugas terpapar atau tidak.

 “Jadi kita akan mengetahui petugas mana yang terpapar, dan apabila hasilnya itu menunjukan ke arah reaktif atau terkonfirmasi maka petugas tersebut akan kita istirahatkan dan yang tidak positif akan kita teruskan bekerja” tandas Taufiq. (Can)

Kategori



You cannot copy content of this page