Opini Anda

Belajar di Rumah Menggunakan Media Pembelajaran Permainan

Processed with VSCO with preset

Oleh : Dwirex Cece Jihan , Universitas Muhammadiyah Purworejo

Apa yang dimaksud Daring? Daring merupakah pembelajaran online yang dilakukan selama terjadinya penyebaran virus Covid-19. Pembelajaran daring yang terjadi dimasa sekarang sangat berpengaruh pada pembelajaran siswa dan siswi terutama pada anak SD. Pembelajaran daring berdampak anak SD karena penggunaan HP yang tidak menyeluruh sehingga tidak setiap anak memilikinya. Pada masa daring ini sangat perlu bimbingan belajar bersama dengan orang yang bisa mengajari tentang materi-materi yang dipelajari, dengan di adakannya belajar kelompok yang dilakukan secara bergantian oleh 2 sampai 3 anak dan menggunakan media dalam pembelajaran materi sangat memudahkan anak dan membantu anak dalam memahami pembelajaran yang di sampaikan serta membantu anak dengan miimnya alat penunjang pembelajaran daring.

Pembelajaran kelompok yang dilakukan bergantian hanya dilakukan oleh 2 sampai 3 anak lingkungan sekitar saja, dengan begitu anak sangat berantusias dalam belajar karena bagi mereka pembelajaran menggunakan media merupakan salah satu kegiatan belajar sambil bermain sehingga menyenangkan dan tidak membosankan. Pembelajaran daring dengan menggerjakan tugas dari sekolah secara bersama teman tetapi tidak berkerumun sangat membantu anak dan anak akan mendapat bimbingan belajar yang baik dan benar. Di rumah para anak SD tidak hanya bermain tetapi mereka juga belajar hal baru dengan menggunakan media dan memanfaatkan barang-barang yang ada disekitar untuk belajar.

Media pembelajaran adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar seperti Filn, buku, dan kaset (Arif S. Sadirman, 1984). Jadi media pembelajaran sendiri merupakan alat bantu yang digunakan untuk membantu proses penyampaian materi agar hal yang disampaikan mudah di terima dan dipahami. Oleh karena itu pentingnya media pembelajaran baik media berupa digital maupun konvensional sangat diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dari pengertiannya sendiri pembelajaraan menggunakan media pembelajaran sangat memacu siswa agar lebih giat belajar sehingga pada kesempatan belajar bersama para siswa SD saya menggunakan media-media bermain untuk melakukan pembelajaran yang lebih interaktif dan membanu penjelasan materi.

Media yang biasa gunakan untuk melakukan belajar bersama adalah sebuah kreasi alat mainan yang saya modifikasi menjadi permainan yang dapat bermanfaat dan mengandung seuatu unsur materi belajar, sehingga dari pembelajaran menggunakan media para siswa lebih semangat dan berusaha mencoba agar mengetahui hal-hal baru. Media pembelajaran yang disukai anak oleh para siswa SD adalah media pembelajaran yang menarik dari segi bentuk, wujud, serta cara penggunaan sehingga dalam pembuatan media permainan ini harus menggunakan ide yang menarik agar saat digunakan anak SD dapat menyukai media tersebut dan tidak bosan saat melakukan belajar sambil bermain.

Saya memilih menggunakan media permainan karena media pembelajaran permainan salah satu alat yang sangat disukai oleh anak-anak. Media-media yang saya buat beragam mulai dari Rolling Ball Khas Hewan, Ular Tangga Pengelompokkan, serta papan Kalor. Media dibuat sedemikian rupa dengan tanggapan para siswa yang senang akan media permainan yang saya buat, libur bukan menjadi alasan untuk para siswa untuk belajar mereka justru berantusias untuk mengikuti pembelajaran dengan media-media yang saya buat. Salah satu cara penggunaan media yang saya buat yaitu Ular Tangga yaitu dengan sistem suit terlebih dahulu kemudian memainkan ular tangga seperti biasa tetapi bagi mereka yang mendapat angka paling kecil saat pengocokan dadu akan mendapatkan satu soal dansiswa harus dapat menjawab pertanyaan tersebut apabila siswa tidak dapat menjawab pertanyaan maka akan mendapatkan hukuman baik bernyanyi maupun berjoget. Antusias siswa dan semangat siswa dalam belajar membuat saya lebih senang dan merasa puas dalam melakukan proses belajar bersma anak-anak SD. Sebagai calon pendidik sebisa mungkin harus mengupayakan untuk dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan meskipun masih dalam kondisi pandemi.***

Kategori

Cinta Produk Indonesia




You cannot copy content of this page