Desa Membangun Banua

Drumband Berkostum Adat Meriahkan HUT RI Ke 73 Di Simpung Layung

Banyak cara dilakukan masyarakat untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia, bahkan banyak kegiatan yang unik dan menarik selain panjat pinang yang sudah menjadi agenda rutin setiap HUT RI.

Seperti yang dilakukan oleh warga desa Simpung Layung Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong, tidak seperti biasa masyarakatnya dihibur dengan aksi drumband setempat, uniknya semua pemain drumband nya berpakaian adat jawa berupa kain lurik lengkap dengan pernak perniknya.

Atribut pemain drumband yang unik memberikan hiburan tersendiri bagi masyarakat desa, merekapun memadati sepanjang jalan yang dilalui drumband dan lapangan tempat berkumpul pun ramai di kunjungi masyarakat.

Sesampai dilapangan , masyarakat masih disuguhi dengan hiburan dari kesenian kuda lumping, warga yang datang selain desa simpung layung ada yang dari anak desa Tohe, Baluon dan danau bahkan ada yang adatang dari desa Uwie.

Kemeriahan perayaan HUT RI ke 73 ditambah lagi dengan upacara adat warga Simpung Layung “sedekah bumi” atau Merti Deso sebagai bentuk rasa syukur atas hasil pertanian dalam setahun.

Dipimpin kepala desa, Yusdiansyah, upacara adat di akhiri dengan pawai mengarak Jembul atau gunungan yang terbuat dari aneka buah buahan keliling desa Simpung Layung.

Masih dalam rangkaian perayaan hari kemerdekaan panitia juga menggelar aneka perlombaan untuk anak anak dan ibu- ibu seperti lomba pukul air, balap karung, sepeda hias, futsal, karaoke, fashion show, balap kelereng, dan lomba makan kerupuk. (Ytn)

Tambahkan Komentar

Klik di sini untuk berkomentar

Kategori