Advertorial Pemkab Tabalong

Pedagang Terjebak Rentenir Berkedok Koperasi

Gerbang Emas Terserap 95 Persen

Sejak diluncurkan pada tahun 2018 yang lalu, program kredit “gerbang emas” sudah dimanfaatkan 300 lebih orang pedagang kecil dan UKM diseluruh wilayah kabupaten Tabalong.

“Dari Rp 5 Milyar yang dianggarkan, 95 % sudah terserap dan semua cicilannya berjalan lancar” jelas Komisaris Utama PT. BPR Tanjung Bersinar, Zubair, SJ.

Ia menjelaskan bahwa program bantuan kredit tanpa bunga bagi pedagang kecil dan UKM bagi warga Tabalong ini sebagai bentuk dan sikap pemerintah daerah untuk melindungi para pedagang kecil atas maraknya kredit berbunga tinggi yang menyasar para pelaku usaha kecil.

“Banyak pedagang kecil di daerah kita yang terjebak oleh rentenir berkedok koperasi”ungkapnya.

Ia juga menghimbau agar pelaku usaha kecil di bumi Saraba Kawa bisa memanfaatkan kredit ini dengan baik.

“Dari pada meminjam pada rentenir berkedok koperasi lebih baik memanfaatkan program ini, sudah pasti tanpa bunga”pungkasnya.

Terpisah, Plt Direktur Utama PT. BPR Tanjung Bersinar Husin Ansari mengatakan bahwa ada 3 tipe peminjam kredit tanpa bunga yaitu, Pedagang Kaki Lima (PKL), Usaha kecil Mikro (UKM) dan UKM Eksis.

Besaran nilai kredit yang diberikan pada PKL maksimal sebesar Rp 3 juta, UKM baru sebesar Rp 20 juta dan UKM Eksis sebesar Rp 25 juta tambah Husin.

Sedang untuk PKL sistem pembayarannya secara harian sebesar Rp 34.000 dan untuk UKM dan UKM Eksis pembayarannya bulanan sambungnya lagi.

“Untuk PKL tenggat waktunya tiga bulan, sedang UKM baru dan UKM Eksis tenggatnya satu tahun”pungkasnya (boel)

Kategori