Info Kota

Pol PP Amankan Lima “Gepeng” Luar Pulau

TANJUNG, korankontras.net – Bulan suci ramadhan sering dijadikan gelandangan dan pengemis (gepeng) meminta minta dimasyarakat  tidak terkecuali di Tabalong. Kondisi ini yang membuat warga resah dan terganggu karena banyak mereka beroperasi memanfaatkan moment bulan Ramadhan.

 Satpol-PP Kabupaten Tabalong tidak ingin kecolongan dengan keberadaan gepeng sehingga bulan ramadhan ini mereka mulai gencar melakukan razia gepeng  di beberapa tempat yang dianggap meresahkan masyarakat.

Lokasi razia yang tidak luput dari perhatian Satpol-PP Tabalong seperti pasar atau terminal yang ada di Kabupaten Tabalong.

Ketika ditemui korankontras, Kepala Satpol-PP, Syamsul Hadi mengatakan pihaknya sejak tanggal 5 Mei tadi sudah melakukan razia gepeng salah satunya di pasar Muara Uya.

“Tidak lama tadi kami baru saja melaksanakan razia gepeng di Pasar Muara Uya dan kami berhasil menangkap 5 orang” terangnya.

Gepeng yang berhasil diamankan pihak Satpol-PP itu semuanya berasal dari wilayah luar Kabupaten Tabalong dan hal itu menyebabkan mereka kesulitan mendapatkan informasi lebih lanjut.

“Saat di interogasi mereka menggunakan bahasa daerah mereka, jadi kita kesulitan mendapatkan informasi dari mereka” ucapnya.

Ia juga mengatakan personil razia yang diturunkan sekitar 35 orang dan ada dari beberapa personil yang harus menyamar mengenakan pakaian biasa untuk menghindari kecurigaan.

“Kami sebagian pakai baju biasa soalnya kalau pakai baju kerja otomatis kabur” terangnya.

Gepeng yang ditangkap itu akan diberikan surat peringatan, bahwa tidak akan melakukan hal yang sama dan data yang sudah masuk akan kami serahkan ke dinas sosial.

“Dihambau kepada masyarakat Tabalong dalam bulan suci ramadhan ini kalo ingin memberikan sumbangan, infaq atau sedekah berikanlah ke tempat yang sudah tersedia baik misalkan di panti asuhan dan panti jompo atau masyarakat yang memang membutuhkannya” ucap Syamsul.(Can)

Kategori