Desa Membangun Banua

Relawan “Maharagu Sungai” bersihkan 250 M Sungai Tanta

Camat Tanta : Akan Dirintis Wisata Susur Sungai

TANJUNG, KoranKontras.net- Belasan orang anak muda  yang menamakan diri relawan “Maharagu Sungai” turun ke sungai Mangkusip  membersihkan aliran sungai yang melintasi wilayah desa Tanta.

Mereka secara swadaya bersama dengan anggota Unit Penanggulangan Bencana Swadaya (UPBS) Tanta bahu membahu memangkas ranting pohon dipinggir sungai dan mengangkat sampah dari sungai.

Kegiatan anak anak muda yang juga tergabung dalam karang taruna Dewa Ruchi kecamatan Tanta ini mendapat apresiasi dari camat Tanta, Gusti Judid Ihsan P, S.STP.MIP.

“kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya mencegah terjadinya banjir dan ke depan direncanakan akan di rintis wisata susur sungai Mangkusip serta memperindah pemandangan di sekitarnya” ujar Camat yang juga meninjau langsung pembersihan sungai.

Senada dengan camat, ketua Karang Taruna  Dewa Ruchi , Yudi Lesmana mengatakan bahwa pembersihan aliran sungai ini bertujuan untuk melancarkan aliran sungai yang terhalang batang kayu dan bambu, semak belukar maupun sampah plastik.

“Batang kayu kering berukuran besar yang ada dipermukaan sungai di potong menggunakan mesin pemotong” terangnya pada awak koran kontras Minggu malam (08/09).

Sementara  sampah plastik di sungai relatif sedikit  karena selama ini sudah ada petugas sampah yang mengambilnya ke rumah-rumah warga, imbuhnya.

Yudi mengungkapkan bahwa pihaknya sengaja tidak mensosialisasikan kegiatan ini untuk sementara waktu pada seluruh warga desa.”Karena inisiatif berasal dari kami, maka kami harus membuktikan diri dulu sebelum mengajak warga lainnya” bebernya.

Meskipun demikian, Yudi mengaku senang karena kegiatan yang mereka gagas mampu ” mencuri perhatian” warga desa.

“Ada warga yang malah bertanya kapan lagi membersihkan sungai, katanya mau ikut” ujarnya senang.

Bahkan, sambungnya lagi, ada warga yang menyumbang uang untuk membeli konsumsi.

“Sekitar dua minggu ke depan kami akan kembali turun ke sungai untuk melanjutkan pembersihan, mudah-mudahan warga desa bisa ikut juga berpartisipasi” harapnya.

Yudi juga sangat berharap pemerintah desa Tanta bisa mengalokasikan dana desa untuk kegiatan bersih- bersih sungai.

“Target kami tahun depan bisa menyelenggarakan suatu event di sungai Mangkusip ini” ucapnya pula.

Pembersihan DAS sungai Mangkusip sendiri di mulai pukul 07.30 wita oleh relawan Maharagu Sungai dengan ‘barandam’ hingga pukul 12.00 wita siang, panjang aliran sungai yang berhasil dibersihkan sekitar 250 m. (boel)

Kategori