Hijau

Peringati Sumpah Pemuda Pelajar Tabalong Ikuti “Recycle Carnaval”

TANJUNG, korankontras.net – Puluhan siswa – siswi kenakan berbagai kostum hasil daur ulang sampah dalam kegiatan Green Tabalong Recycle Carnaval, Minggu (27/10).

Bertempat di Halaman Pendopo Bersinar Pembataan, kegiatan yang bertemakan “Kita Generasi Peduli, Mari Selamatkan Bumi” diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Kegiatan ini memperebutkan uang pembina puluhan juta serta diikuti oleh 94 peserta dari pelajar SMP, SMA dan Mahasiswa dari perguruan tinggi.

“Untuk komponen penilaian juri sendiri pertama dari segi bahan, bahan ini betul-betul dari barang bekas buka bahan beli baru kemudian ketuntasan mereka sampai finish karena ini bentuknya karnaval” terang Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong, Masdulhak Abdi saat diwawancarai awak koran kontras.

Selanjutnya kreatifitas dan orisinalitas desain busana serta filosofi dari busana itu sendiri juga masuk dalam kriteria penilaian.

Abdi menambahkan untuk pemenang nantinya akan dikirim ke tingkat provinsi untuk ajang yang sama.

“Di Banjarmasin dalam waktu dekat ini ada lomba yang sejenis, Insyaallah nanti yang menjadi juara akan diikut sertakan ke tingkat provinsi” ucapnya.

Ia berharap para peserta paham akan tujuan kegiatan yang dilaksanakan ini.

“Tujuan kami agar mereka sebagai generasi muda Tabalong mampu mencintai bumi ini serta menjaga lingkungan karena kita tahu bahwa Bumi Sarabakawa ini sudah berapa kali mendapatkan penghargaan Adipura dan ini merupakan salah satu bentuk dukungan generasi muda Tabalong” jelasnya.

Dalam sambutannya, Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani mengatakan pesan yang ingin disampaikan dari kegiatan ini adalah sesuatu yang tidak berguna lagi kalau dimanfaatkan sebaik-baiknya bisa menjadi bernilai ekonomi dan berguna bagi kehidupan masyarakat.

“Ini adalah kegiatan yang sangat bagus, terlebih minggu yang lalu kita kedatangan tim penilai Adipura tingkat nasional, mudah – mudahan kegiatan ini juga memberikan nilai tambah kepada upaya kita untuk membuat sistem pengolahan persampahan yang terbaik di Kabupaten Tabalong” bebernya.

Anang mengatakan hadiah yang diberikan kepada peserta hanya sebagai hiburan.

“Tujuan awal adalah mengedukasi seluruh masyarakat untuk bisa mengolah sampah dengan lebih baik” pungkasnya. (Can)

Kategori