Info Kota

Jalan Protokol Cepat Kotor, Pemkab Tabalong Beli Road Sweeper

TANJUNG, korankontras.net – Seperti halnya kota kota besar kini Tabalong juga sudah memiliki truk penyapu jalan yang akan membersihkan jalan jalan besar di Kota Tanjung.

Truk dengan daya tampung empat metric kubik debu dan pasir itu dibeli dengan harga Rp 3,2 Miliar, truk tersebut siap menyapu bersih jalan-jalan protokol di Tabalong.

Saat dikonfirmasi, Kepala DLH Tabalong, Rowi Rawatianice, pengadaan truk penyapu jalan ini terkait dengan kondisi jalan di Tabalong yang jika dalam waktu satu minggu tidak dibersihkan maka debu dan pasirnya akan sangat banyak menumpuk.

“Saat ini truk tersebut sedang dalam tahap uji coba selama tiga bulan ke depan dan kita masih melatih calon operatornya juga” ucapnya saat ditemui awak korankontras.net di Kantor DLH Kabupaten Tabalong, Kamis (7/11).

Ia menuturkan uji coba tersebut untuk mencari formula yang paling bagus berkaitan dengan teknis penyapuan, rute serta lama waktunya bekerja.

“Jadi tiga bulan kami minta waktu uji coba setelah itu baru stabil jalannya” tutur Rowi.

Selain itu dengan adanya truk penyapu jalan juga dapat lebih mengefektifkan serta meringankan pekerjaan para pekerja penyapu jalan.

“Tadi kita ujicoba dari Simpang Samsat Ke Aston terus balik lagi ke Simpang Samsat kalau dengan truk ini hanya memakan waktu 1,5 jam, kalau dengan tenaga manusia 10 orang akan memakan waktu empat hari” jelasnya.

Dengan adanya truk penyapu jalan ini, ia berharap Kabupaten Tabalong bisa bersih dan bebas debu

“Paling tidak wajah ibu kota Kabupaten kebersihannya dapat lebih terjaga” pungkasnya. (Can)

Kategori