Hijau

Pemkab Tabalong Resmi Tutup TPA Maburai

TANJUNG, korankontras.net – Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sanitary landfill baru milik Tabalong yang berlokasi di desa Bongkang hari ini Senin (13/1) mulai beroperasi secara penuh.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tabalong, Rowi Rawatianice usai apel gabungan yang dipimpin Bupati Tabalong di Taman Giat Kota Tanjung.

“Sejak hari ini kita sudah menutup TPA Maburai dan kita resmi mengoperasionalkan yang di Bongkang” tandasnya.

TPA Bongkang memiliki kapasitas yang mampu menampung sampah hingga kurun waktu minimal lima tahun baru penuh.

“Karena kita menggunakan sistem sanitary landfill untuk pengelolaannya” jelas Rowi.

TPA Maburai yang telah beroperasi lebih dari 20 tahun mulai hari ini sudah tidak menerima lagi kiriman sampah.

“Saat ini masih memang ada yang menjaga dan sesuai amanat undang – undang bahwa TPA itu tidak bisa langsung di tinggalkan begitu saja setelah di tutup. Tetapi tetap ada pengolahan disana tapi tidak menerima sampah buangan masyarakat” terang Kadis LH.

Meskipun sudah tidak operasional, Ia mengatakan TPA Maburai tetap akan dipantau dan dilakukan pemeliharaan.

“Kedepannya, TPA tersebut akan dipersiapkan sebagai TPA wisata edukasi” jelasnya lagi.

Pihaknya berharap dengan informasi ini seluruh lapisan masyarakat, terutamanya yang langsung membuang ke TPA Maburai tidak lagi membuang ke sana.

Diketahui Pemerintah Kabupaten Tabalong juga telah menetapkan Peraturan Bupati Nomor 23 Tahun 2018 tentang Kebijakan dan Strategi Kabupaten Tabalong dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah (JAKSTRADA).

Dokumen JAKSTRADA ini menggambarkan target capaian dan upaya pengelolaan sampah secara kuantitatif yang terintegrasi mulai dari sumber sampai ke tempat pemrosesan akhir. (Can)

Kategori



You cannot copy content of this page