Hijau

Penampungan PT. Adaro Jebol, Sebabkan Sei Jaing Keruh

TANJUNG,KoranKontras.net- terkuak sudah mengapa warna air sungai jaing beberapa waktu yang lalu seperti “kopi susu”.

Ternyata sumber masalahnya air kiriman dari kolam penampungan milik PT Adaro yang  jebol sehingga airnya masuk kedalam sungai jaing.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Tabalong ,Rowi Rawatianice menuturkan  setelah pihaknya turun kelapangan dan bertemu dengan perwakilan dari PT.Adaro Indonesia, diketahuilah titik masalahnya.

“Permasalahannya yaitu ada fasilitas kolam penampungan  atau Setling Pond (SP) milik PT.Adaro yang sedang di rehab jebol” terangnya pada awak koran kontras, Selasa (11/02).

Karena persoalannya sudah jelas maka pihaknya urung mengambil sample air.

 “Pihak perusahaan Adaro pun juga mengakuinya” ungkapnya.

Kejadian keruhnya sungai jaing menurut Rowi  tidak bisa di tutup-tutupi, karena kawan-kawan ada dokumentasinya, dan DLH sudah mengamati dan melihat sendiri.

PT. Adaro dan warga Kemudian mengadakan pertemuan bertempat di desa Masukau dengan warga terdampak di RT.03 dan 04

“ mereka minta suplai air bersih selama air sungai belum jernih, minta tandon air berkapasitas 600 liter dan dudukannya untuk 42 rumah warga terdampak (satu rumah satu tandon air) dan tandon 1.200 liter untuk Mesjid” terang Rowi.

Namun lanjut Rowi, seandainya ada kejadian serupa terulang lagi Adaro harus segera melakukan penanganan titik yang jebol ataupun ada kejadian lain lagi yang merugikan masyarakat maka akan di proses kembali. (boel)

Kategori