Politik

Bawaslu Tabalong Temukan 82 Calon Anggota PPS Diduga Anggota Parpol

KPU : Jika Terbukti Langsung Didiskualifikasi

TANJUNG, korankontras.net – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tabalong menemukan sebanyak 82 calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan tahun 2020 diduga menjadi anggota Partai Politik (Parpol).

“82 nama calon angggota PPS tersebut ditemukan di dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Bahkan, setelah kita melakukan penelusuran, lima diantaranya ada yang tercantum dalam Sipol sebagai anggota pada dua Parpol” ucap Ketua Bawaslu Kabupaten Tabalong, Hirsan.

Pengamatan tersebut menyusul adanya informasi masyarakat bahwa ada sejumlah calon anggota PPS yang diduga terlibat tim kampanye dan sebagai anggota Parpol pada Pemilu 2019 lalu.

“Atas temuan tersebut, kita akan melayangkan rekomendasi kepada KPU Kabupaten Tabalong agar ditindaklanjuti sesuai perundang-undangan yang berlaku” tambah Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Kabupaten Tabalong, M Fahmi Failasopa.

Ia juga menuturkan, pengawasan pembentukan calon anggota PPS ini merupakan upaya Bawaslu untuk mencegah adanya potensi calon penyelenggara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan ditingkat kelurahan/desa yang tidak netral.

“Tentunya kita ingin memastikan bahwa calon anggota PPS adalah benar – benar orang yang berintegritas” cetusnya.

Jika Terbukti Anggota Parpol Langsung Diskualifikasi

Terpisah, menanggapi adanya temuan tersebut, Komisioner KPU Tabalong Divisi Sosialisasi, SDM dan Partisipasi Masyarakat, Muhammad Husain, pihaknya saat ini masih akan melakukan klarifikasi dengan meminta tanggapan dari masyarakat.

“Dengan tanggapan masyarakat dan data yang kami miliki, untuk membuktikan bahwa orang itu termasuk dalam anggota partai politik” ungkapnya.

Seandainya memang terbukti ada calon anggota PPS yang menjadi anggota Parpol, maka orang tersebut dianggap tidak memenuhi syarat (TMS) dan akan langsung didiskualifikasi.

“Kalau sudah terbukti kita akan membuat berita acaranya” beber Husain.

Diketahui, pada 4 Maret 2020 lalu sebanyak 1077 calon anggota PPS dari 131 kelurahan/desa melaksanakan tes tertulis setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi oleh KPU Kabupaten Tabalong.

Dari 1077 yang mengikuti tes tertulis tersebut, 761 diantaranya dinyatakan lolos ke tahap selanjutnya yakni tes wawancara yang akan berlangsung pada, 11 hingga 13 Maret 2020 mendatang di masing-masing Sekretariat PPK (12 kecamatan).

Dan dari hasil tes wawancara, KPU Tabalong akan menyaring kembali menjadi 393 anggota PPS yang nantinya akan bertugas di 131 Kelurahan/Desa yang ada di Kabupaten Tabalong. (Can)

Kategori



You cannot copy content of this page