Komunitas

Relawan PMI Dibekali penanganan kecelakaan di jalan raya

PMI Tabalong Adakan Pelatihan Dasar 120 Jam

TANJUNG, korankontras.net –20 relawan ikuti Pelatihan Dasar 120 jam Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Tabalong yang dilaksanakan di markas PMI setempat.

Ketua KSR PMI Tabalong, Ricky Tria Nugraha mengatakan pelatihan dasar 120 jam ini dilaksanakan sampai akhir tahun.

“Dalam satu bulan ada dua kali pertemuan, kegiatan ini dilaksanakan sampai bulan Desember 2020” ucapnya kepada awak korankontras.net beberapa waktu lalu.

Untuk meningkatkan kemampuan para relawan, pihaknya memberikan beberapa materi untuk dipelajari dan diaplikasikan pada saat diperlukan.

“Pembekalan materi sendiri tentang pertolongan pertama, kali ini materi terkait penanganan kecelakaan di jalan raya (road accident) yakni bagaimana caranya menangani korban dan menolong dengan keadaan aman dan sesuai prosedur” bebernya.

Pembekalan materi mereka laksanakan dalam seharinya selama empat jam. “Di mulai pukul 14.00 wita  itu ada pemberian materi selama tiga jam dan satu jam terakhir di berikan praktek. Dan untuk praktek semua relawan harus mencoba dan mempelajarinya” terang pria 29 tahun ini.

materi pertolongan pertama (PP) akan dilakukan sampai beberapa bulan kedepan.

“Dua hingga tiga bulan kedepan kita masih memberikan materi tentang PP, baru materi selanjutnya kalau sudah selesai” tambahnya lagi.

Selain untuk relawan KSR PMI, relawan lainnya bisa ikut dalam kegiatan pelatihan dasar 120 jam tersebut.

“Seperti Palang Merah Remaja (PMR), Tenaga Suka Rela (TRS) dan para anggota Koprs Sukarela KSR dilibatkan, semua relawan yang terdaftar di PMI Tabalong boleh ikut dalam pelatihan ini” jelasnya.

Ricky berharap dengan adanya kegiatan ini, semua relawan yang mengikuti pelatihan dapat mengaplikasikan pada saat ada kejadian.

“Terutama harus sesuai prosedur yang berlaku sehingga saat penanganan bisa aman untuk dirinya dan korban” pungkasnya. (Can)

Kategori



You cannot copy content of this page