Kabar Utama

Stok Darah PMI Tabalong “Kritis”

gambar : Istimewa

Setyawan : Jangan Takut Donor Karena Sebelum Donor Akan Discreening Covid-19 dulu

TANJUNG, korankontras.net – merebaknya wabah virus Covid-19 membuat kegiatan donor darah juga terdampak parah. 

Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Tabalong pun mulai mengalami kekosongan.

“Stok kita saat ini sudah menipis karena dampak wabah virus Corona, sekarang stoknya tinggal tiga kantong” ucap Sekertaris PMI Tabalong, Setyawan Andri Wibowo seusai kegiatan penyemprotan disinfektan di Kantor PWI Tabalong, Senin (30/3).

Padahal dalam satu bulan kebutuhan darah minimal 300 kantong, saat ini pihaknya hanya mengandalkan donor darah dari pihak kepolisian dan TNI saja.

“Kita mengajak masyarakat agar mendonorkan darah ke kantor kita, terkait dengan wabah ini tidak perlu khawatir karena sebelum orang mendonorkan darah kita akan screening Covid-19 dulu. Kalau yang bersangkutan aman maka akan dilanjutkan screening donor seperti biasa” ungkapnya.

Kesulitan mereka  karena masyarakat saat ini stay at home, PMI tidak bisa menyelenggarakan donor darah ditempat umum seperti biasanya karena tidak ada kegiatan mengumpulkan orang banyak lagi.

PMI Tabalong mengajak masyarakat agar bisa mendonorkan darahnya untuk kemanusiaan dengan mendatangi kantor PMI di Tanjung.

“Bagi masyarakat yang ingin mendonor silahkan langsung saja ke kantor kita, atau misalnya ada satu RT yang mau mendonorkan darah tapi mematuhi himbauan stay at home, bisa saja nanti kita yang akan jemput bola ke sana” pinta Setyawan (can)

Kategori



You cannot copy content of this page