Pasar

Belanja Dari Rumah Saja Dengan “sambal paliat”

Upaya Disperindag Tabalong Dan Pedagang Cegah Covid-19

TANJUNG, korankontras.net – Kabar gembira, bagi masyarakat Tabalong yang ingin berbelanja tidak perlu lagi ke pasar.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Tabalong baru – baru ini meluncurkan program “Sambal Paliat (Sampian Balanja Pesan Liwat Telpon Atau Wa Aja).

Peluncuran program tersebut merupakan bentuk dukungan dari para pedagang dan Disperindag dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona di Bumi Sarabakawa.

“Di program sambal paliat ini semua pedagang kebutuhan pokok ada, dari pedagang sembako, lauk dan sayuran semua bisa pesan online” ucap Plt Kadisperindag Tabalong, Norzain Ahmad Yani saat dikonfirmasi via WhatsApp, Senin (6/4).

Masyarakat tinggal belanja lewat telpon atau aplikasi pesan singkat WhatsApp.

“Pesan via kurirnya juga bisa kita sediakan dan aplikasi ojek online (Ojol) seperti Indojek maupun Grab. Rencana untuk kurir yang didata akan dipisahkan antara pasar Tanjung dan Kapar, hari ini juga kita lagi mengkoordinasikan dengan pihak Ojol untuk mengoptimalkan operasional” terangnya.

Norzain mengatakan program Sambal Paliat tersebut bisa mulai di akses hari ini. “Insyaallah hari ini (6/4) sudah mulai, bisa dicoba hubungi salah satu nomor pedagang atau kurirnya” tuturnya.

Tambahnya, program ini merupakan gagasan dari Disperindag Tabalong. “Ini inisiatif kami dan juga ada arahan dari Bupati” ujarnya.

Terkait dengan adanya program Sambal Paliat, Ia menuturkan pasar – pasar harian tetap buka seperti biasa.

“Pasar harian tetap dibolehkan dengan syarat mematuhi maklumat pemerintah seperti di surat kita kemarin yang isinya seperti menjaga dan meningkatkan kebersihan lingkungan, menyediakan tempat cuci tangan beserta sabunnya, menjaga jarak minimal satu meter antar orang serta memantau dan mengawasi warga yang telah ditetapkan sebagai ODP atau PDP” jelas Plt Kadisperindag tersebut.

Ia pun berharap dengan adanya program Sambal Paliat, sektor ekonomi khususnya perdagangan tetap berjalan lancar.

“Dan distribusi bahan pokok yang penting untuk masyarakat tetap terjamin, serta program ini juga mendukung upaya pemerintah untuk terlaksananya social dan physical distancing” pungkasnya. (Can)

Kategori



You cannot copy content of this page